Kelas : LO21
Dosen : Christian Siregar - D3046
Waktu : Rabu, 9 Maret 2016
Jam : 07.30 - 11.00 WIB
Jumlah Anak Didik : 8 (setiap 3 sentra)
PIC PAUD : Ibu Dessy
Lokasi PAUD : Jl. Pusaka Kencana blok B 09/1, sektor XII. I Kencana Loka, BSD, Tangerang Selatan.
Anggota yang hadir:
1. Saly Shafira Gunawan - 1901518121 (Ketua Kelompok)
2. Aggie Destiviany - 1901524345
3. Efrida Puspitasari - 1901518102
4. Fransisca Fortunata Handoyo - 1901503252
5. Mariska Rahmadiana - 1901477903
6. Olivia - 1901485350
7. Vanessa Desella Suliatno - 1901487892
Anggota yang tidak hadir: -
Sebagai salah satu program pembelajaran Character Building di Universitas Bina Nusantara, kami sebagai mahasiswa semester 2 melakukan pembelajaran yaitu mengajar di PAUD, yaitu PAUD Cikal Harapan 2. Kegiatan pertama sudah terlaksana, yaitu pada hari Rabu, 9 Maret 2016.
Kegiatan ini diadakan sebagai salah satu program dari mata kuliah Character Building: Pancasila, karena ada banyak nilai Pancasila yang tertanam pada kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan bentuk aksi untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat, khususnya Pancasila sila ke-5 yang berbunyi "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia". Dalam sila ke-5 tersebut mengandung arti bahwa seluruh rakyat Indonesia berhak mendapat pendidikan yang layak dan membangun. Kegiatan ini juga memberikan sikap-sikap positif seperti membangun kedisiplinan, kepedulian terhadap sesama, meingkatkan kreativitas, dan yang pasti tentunya merealisasikan sila ke-1 yaitu KeTuhanan Yang Maha Esa.
Persiapan yang dilakukan untuk kegiatan mengajar ini sudah dilakukan sejak tanggal 4 Maret 2016. Beberapa orang dari kelompok ini mendatangkan PAUD Cikal Harapan 2, mendiskusikan tentang program ini dengan PIC PAUD dan Kepala Sekolah PAUD, lalu setelah itu pada hari berikutnya kami menentukan bahan pembelajaran.
Realisasi Hari - 1:
Kami berkumpul di lokasi PAUD, 2 orang datang tepat waktu yaitu Mariska dan Olivia, dan 5 orang yang lainnya datang agak terlambat lebih dari 07.30. Setelah itu kami memasuki ruangan sentra yang sudah ditentukan. Kami menggunakan metode per sentra. Dalam 1 hari di waktu yang bersamaan kami mengajarkan anak-anak pelajaran yang berbeda.
A. Sentra Musik (Pengajar: Fransisca, Olivia, dan Saly)
Dalam sentra musik ini, kami bertiga mengenalkan kepada anak-anak beberapa alat musik seperti piano, angklung, gendang, pianika, dan kolintang, menyanyikan lagu anak-anak usia dini, serta mengajarkan anak-anak cara bermain angklung dengan memainkan lagu 'Topi Saya Bundar'.
-Fransisca: membantu anak-anak memainkan angklung, mengenalkan alat musik
-Olivia: membantu anak-anak memainkan angklung, mengenalkan alat musik
-Saly: mengajarkan anak-anak menggunakan angklung dengan memainkan lagu 'Topi Saya Bundar', mengenalkan alat musik
B. Sentra IPTEK (Pengajar: Efrida dan Vanessa)
Dalam sentra IPTEK ini, kami berdua mengajarkan anak-anak bagaimana cara membuat Telepon dari gelas bekas air kemasan dan benang. Kami sengaja mengajarkan ini kepada anak-anak agar mereka mengenali alat komunikasi pada jaman dahulu dan untuk menambah ilmu pengetahuan mereka dengan cara menggunakan barang-barang yang sederhana. Dan hasil dari pembelajaran ini, anak-anak senang mengetahui adanya telepon benang dan mereka berperan aktif dalam membuat telepon benang.
-Efrida: mengajarkan cara membuat telepon benang, membantu anak-anak dalam membuat telepon benang
-Vanessa: mengajarkan cara membuat telepon benang, membantu anak-anak dalam membuat telepon benang
C. Sentra Bahasa (Pengajar: Aggie dan Mariska)
Dalam sentra Bahasa ini, kami berdua mengajarkan beberapa kosakata bahasa Inggris kepada anak-anak dan mengajak anak-anak untuk berbicara bahasa Inggris secara perlahan. Persisnya, kami membantu anak mengidetifiaksi dan menyebut nama benda dan binatang yang kami perlihatkan dengan menggunakan alat bantu gadget. Dan hasilnya anak-anak mampu menjawab semua dan ikut berperan aktif.
-Aggie: mengajarkan anak-anak tentang nama benda dan binatang, mengajak anak-anak untuk berani berbicara bahasa Inggris
-Mariska: mengajarkan anak-anak tentang nama benda dan binatang, mengajak anak-anak untuk berani berbicara bahasa Inggris
Itulah aktivitas yang kami lakukan pada hari pertama. Dari kegiatan ini, kami mengharapkan anak-anak bisa mengimplementasikan apa yang sudah mereka dapat dari kami. Kami juga lebih disadarkan kondisi pendidikan di Indonesia dan apakah nilai-nilai Pancasila sudah terealisasi atau belum. DI pertemuan selanjutnya kami akan melakukan persiapan yang lebih sehingga kinerja kami semakin baik dan tanggung jawab.
Hasil evaluasi hari ke 1:
Hasil evaluasi hari ke 1:
No comments:
Post a Comment